Minggu, 11 Oktober 2020

2 Pilihan Printer untuk Rumah Buat Anda

Printer Brother


Anda sedang mencari printer untuk rumah? Berselancar di dunia maya mungkin menjadi langkah pertama Anda untuk menemukan jenis printer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sekarang. Sayang, banyaknya produsen printer serta seri yang dikeluarkan justru membingungkan Anda. Nah, sebelum pilih-pilih merek, ada baiknya Anda pahami dulu 2 jenis printer yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Simak ulasannya dalam kelanjutan artikel ini, yuk!

1.      Printer Inkjet
Printer inkjet adalah idaman untuk skala rumahan. Pasalnya, printer ini hemat tempat, energi, dan biaya. Ya, secara dimensi, printer inkjet punya ukuran yang lebih kecil dibanding printer jenis lain. Dengan begitu, ia tidak akan memakan banyak tempat di rumah Anda. Selain itu, printer inkjet punya komponen yang ringkas, sehingga daya listrik yang dibutuhkan sangat kecil. Rata-rata printer inkjet hanya berkapasitas 400 watt. Terakhir, ongkos perawatan dan pencetakan per halaman printer inkjet cenderung lebih murah dibanding jenis lain. Walau demikian, printer ini menghasilkan resolusi cetak—terutama dengan tinta warna—yang amat baik. Sementara itu, kekurangan printer jenis ini terletak pada kecepatan serta biaya pembelian. Ketajaman resolusi cetak tentu tercapai dengan proses pencetakan yang detail. Walhasil, untuk mencetak satu dokumen berwarna akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, harga jual printer ini juga umumnya lebih mahal.

 

2.      Printer Laserjet
Pilihan kedua adalah printer laserjet. Jenis printer yang sering disandingkan dengan printer inkjet ini punya keunggulan lain yang tak kalah menarik. Adapun keuntungan memilih printer ini ialah memiliki kecepatan cetak yang tinggi, usia pakai yang panjang, serta biaya pengadaan yang murah. Printer laserjet umumnya menggunakan tinta hitam. Maka dari itu, proses pencetakannya bisa sangat cepat. Seperti namanya, printer ini menggunakan sinar laser untuk mencetak sebuah dokumen. Dengan begitu, printer jenis ini tidak menggunakan tinta cair melainkan bubuk toner. Walhasil, biarpun tidak digunakan selama hitungan tahun, bubuk toner tidak akan mengering dan Anda bisa langsung kembali menggunakan printer. Harga jual printer laserjet umumnya lebih murah dibanding jenis lainnya. Di sisi lain, printer laserjet kurang bagus ketika digunakan untuk mencetak tinta berwarna. Bubuk toner berwarnanya pun memiliki harga yang cenderung mahal.

Itulah dia ulasan dua pilihan printer untuk kebutuhan rumah tangga beserta kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana? Apakah informasi di atas membantu Anda soal mencari printer rumahan? Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *